Pengenalan Google Maps API

Apa sih Google maps API? 
Sebelum membahas Google Maps API, kita harus paham dulu dengan API. API adalah kependekan dari Application programming interface. Dengan bahasa yang lebih sederhana, API adalah fungsi fungsi pemrograman yang disediakan oleh aplikasi atau layanan agar layananan tersebut bisa di integrasikan dengan aplikasi yang kita buat.

Jadi Google maps API adalah fungsi fungsi pemrograman yang disediakan oleh Google maps agar Google maps bisa di integrasikan kedalam Web atau aplikasi yang sedang buat. Contoh sederhanya misalkan anda ingin membuat Sistem informasi Geografis kampus di jogja, dengan memanfaatkan Google Maps API anda bisa membuat GIS tanpa perlu memikirkan Peta Jogja, anda tinggal pake Google maps dan memanggil fungsi fungsi yang dibutuhkan seperti menampilkan peta, menempatkan marker dan sabagainya.

Google maps API sendiri menyediakan fungsi yang sangat banyak, berikut ini adalah pembagiannya
  • Google maps Javascript API v3, ini adalah google maps API yang akan kita pelajari. embel embel javascript menunjukan API ini tersedia dalam bahasa javascript.
  • Google Maps API Webservice, layanan Google maps API untuk fungsi lanjutan seperti direction, Geocoding, Distance Matrix API dan elevation API.
  • Google Place API, ini adalah API wajib yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi Location based service
Aplikasi jenis apa yang bisa kita buat dengan Google Maps API?
Semua aplikasi yang membutuhkan layanan peta. Aplikasi tidak terbatas pada website, namun juga bisa aplikasi desktop ataupun aplikasi di smartphone bahkan aplikasi di embeded sistem misalkan aplikasi avigasi di mobil.

Berikut ini adalah gambaran ide yang bisa diterapkan diterapkan:
  1. Website review Kuliner, user bisa memasukan nama rumah makan, merating kualitas makanannya dan menginput lokasinya di peta.
  2. Aplikasi GIS berbasis Deskop dan dengan mudah mengintegrasikan dengan Google maps api untuk memvisualisasikan data, misalkan visualisasi peta kemiskinan di propinsi X.
  3. Aplikasi di Mobile (Android) untuk menampilkan informasi hotel diurutkan berdasarkan lokasi terdekat dengan anda dan petunjuk jalan menuju Hotel tersebut.
  4. Aplikasi tracking taksi sehingga manager perusahaan taksi bisa melihat secara realtime posisi setiap taksi yang beroperasi.
Dan ide ide lain yang masih berhubungan dengan lokasi, tempat atau peta bisa memanfaatkan Google Maps API untuk meralisasikannya.

Apakah Google Maps API gratis?
Google maps API bisa anda pakai secara gratis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk lisensi. Hanya saja, request peta maksimal yang diperbolehkan hanya 2500 request/perhari. Jika lebih dari itu, anda harus membeli lisensi Google Maps API for Bisnis.

Apa Ilmu dasar yang harus saya kuasai?
Untuk belajar Google maps API anda minimal harus tahu HTML dan javascript dasar. Jika anda belum tahu website w3schools.com adalah tempat yang tepat untuk belajar.

OS &Sotware apa yang saya butuhkan?
karena Google maps API berbasis Web, maka anda bisa membuat aplikasi berbasis Google maps api disembarang OS. Tool yang dibutuhkan hanya Text Edior , Browser dan koneksi internet.

Comments

Popular Posts