Pengalaman : Membuat Sistem Informasi Penggajian Karyawan Bursa Komoditi


Langsung aja kepokok bahasan yaa.

Saya dapat kerjaan dari salah satu dosen gunadarma, untuk membuatkan PI (Penulisan Ilmiah) temannya. Awalnya sih ragu untuk mengambil pekerjaan tersebut, tapi setelah dijelaskan sama dosennya, akhirnya saya pun mau mengambil pekerjaan tersebut. Oh iya, temannya si dosen itu lulusan tahun 1994 loh, yang saya heran kok PI nya belum selesai? Setelah lama berbincang dengan si dosen, saya pun tau alasannya. Jadi, memang benar si temannya dosen itu sudah lulus, akan tetapi PI nya masih direvisi oleh dosen pembimbingnya dan ijasah aslinya pun masih ditahan sama pihak kampus. Kebayang gak, dari tahun 1994 sampai sekarang ijasahnya masih utuh dilemari kampus gundar???

Singkat cerita, saya pun memulai pembuatan PI tersebut. Mula-mula membaca akar permasalahannya dan akhirnya saya tau harus membuat apa dan dimulai dari mana. Judul PI nya tersebut adalah Penggajian Karyawan Bursa Komoditi. Disini saya diminta hanya memakai bahasa pemrograman yang sederhana saja, ya akhirnya saya membuatkan program tersebut dengan menggunakan Visual Basic 6.0.

Berikut ini, screenshotsnya.

Tampilan Data Pegawai

Tampilan Perhitungan Kurs

Tampilan Transaksi Beli

Tampilan Transaksi Jual

Tampilan Perhitungan Gaji

Tampilan Perhitungan Komisi Persuhaan

Tampilan Perhitungan Profit Investor

Tampilan Laporan Gaji

Tampilan Laporan Komisi Perusahaan

Tampilan Laporan Profit Investor

Manfaat
Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari pembuatan program ini. Saya dapat lebih mengetahui tata cara penyusunan PI, lebih mengenal ruang lingkungan dosen-dosen gunadarma dan yang terpenting yaitu saya belajar banyak tentang bagaimana pembuatan program tersebut. Selain itu, manfaat yang lainnya juga saya dapat membantu orang lain untuk menyelesaikan kuliahnya.

Kendala
Kendala yang saya hadapi lumayan banyak. Kenapa saya bilang lumayan banyak? Karena PI tersebut kurang jelas tata cara penulisannya (maklum PI tahun lama), perhitungan untuk penggajiannya pun tidak jelas, akhirnya saya menghubungi si pembuat PI tersebut untuk menanyakan lebih rinci tentang perhitungannya dan beliau pun memberikan perhitungannya secara rinci melalui email.

Mungkin hanya itu pengalaman saya dalam pembuatan salah satu sistem informasi tentang penggajian. Semoga pengalaman ini bermanfaat untuk yang lain.

Terima kasih.

Comments

Popular Posts