Proxy

Apa itu Proxy? – Penjelasan Dari Proxy - Proxy server adalah sebuah server komputer atau software yang dapat bertindak sebagai klien atau komputer llainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Atau lebih mudahnya proxy bagai sebuah komputer yang menjadi perantara komputer lain nya saat browsing atau download (me-request konten dari internet).
Proxy Server bertindak sebagai jembatan terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Jadi sebelum menuju internet, paket data yang di minta oleh komputer klien akan melalui proxy. Tidak seperti Router, Proxy server dapat tidak terlihat oleh komputer klien. Seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya, Proxy seperti ini dinamakan transparent Proxy.
gambaran proxy
gambaran proxy
Kata Proxy berasal dari bahasa Latin proximus, yang berarti dekat. Maksutnya dekat disini adalah, proxy server berperan sebagai perantara kita mengambil sebuah konten, dan juga bisa melakukan caching terhadap konten yang kita minta. Selain itu proxy server juga bisa menjadi perantara saat kita butuh konten yang tersedia disuatu tempat namun tidak terjangkau oleh kita.
Berikut gambaran dari newbornspirit tentang apa itu proxy, berikut penjelasan dari proxy
Contoh satu: Anda bisa mengakses situs A dari amerika, namun anda tidak dapat mengakses situs A dari indonesia, karena terblokir, maka anda membutuhkan layanan proxy di amerika sehingga dapat membuka situs A dari indonesia.
Contoh dua: Sekolah X memiliki customer yang sering membuka suatu situs yang sama dan aktifitas yang sama, misal, bermain game facebook, dan berinteraksi di facebook. Maka Pengelola jaringan memasang server proxy agar konten yang di ambil dari server facebook tidak di ambil secara berulang-ulang, sehingga menghemat bandwidth, juga pengelola jaringan bisa membatasi kapan akses facebook dibuka atau ditutup.
Contoh tiga: Warnet ZXC adalah sebuah warnet yang mayoritas customernya adalah gamer, game online yang sering dimainkan akan melakukan update rutin, karena PC di warnet ZXC ada 100 unit, pengelola memasang proxy server di warnet tersebut. Tujuannya agar ketika satu PC warnet melakukan update game dari internet, PC yang lain tidak perlu mengambil apa yang di ambil PC pertama untuk melakukan update dari internet, cukup mengambil dari proxy server.

Client tersambung dengan proxy server, dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainnya. Proxy server kemudian mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filter nya.
Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP address atau protocol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh filternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk client nya.
Secara umum Proxy server dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan antara lain:
  1. Untuk menyembunyikan server tertentu dari publik demi keamanan
  2. Untuk mempercepat akses ke resources yang diperlukan
  3. Untuk membuka situs-situs yang diblokir ditempat-tempat seperti sekolah, kantor, dan sebagainya.
  4. Untuk melewati kontrol keamanan/parental
  5. Untuk melindungi identitas saat sedang online
Proxy server yang melanjutkan permintaan dan jawaban tanpa modifikasi biasanya disebut dengan transparent proxy atau tunneling proxy. Sebuah proxy server dapat ditaruh di komputer client, atau di beberapa lokasi diantara client dan server-server yang dituju.
reverse-proxy
reverse-proxy
Reverse proxy adalah sebuah proxy yang digunakan sebagai front-end, dengan maksud untuk mengontrol dan melindungi akses ke sebuah server atau private network. Biasanya reverse proxy melakukan hal-hal seperti load-balancing, authentication, decryption, atau caching.
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Comments

Popular Posts