Pendakian Gunung Gede




Sebelum masuk keinti cerita, alangkah baiknya kita tahu dulu tentang gunung Gede ini. 

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 mdpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Oke, sudah tahu sedikit kan tentang gunung Gede ini ??? Kalau gitu, saya akan menceritakan pengalaman saya berada di gunung Gede, sekarang !

 Ini adalah pengalaman mendaki gunung yang pertama buat saya. Walaupun ada sedikit rasa takut, tapi buat saya ini adalah sebuah tantangan(padahal mah tetep takut hehe). Saya mendaki bersama 5 orang teman yang berasal dari satu sekolah yang sama.

Singkat cerita, saya mulai berangkat dari salah satu rumah teman saya yang berada di Bogor. Dari rumahnya, saya naek angkot sampai lampu merah Gadog(Cisarua). Setelah itu, saya numpang sama truk sampai ke pintu masuk pendakian dari jalur gunung Putri(niatnya mah buat irit duit hehe). Oh iya, setahu saya, pintu masuk pendakian ada 2, yaitu pintu masuk Cibodas dan gunung Putri, Cipanas(maaf ya kalau salah). Sesampai dipintu masuk jalur pendakian, saya tidak langsung mendaki, akan tetapi buka kemah dahulu. Karena, rencana saya dan teman-teman saya mendaki itu dimulai besok pagi.

Esok paginya, saya bergegas untuk mendaki. Mulai dari tempat kemah pertama yaitu sekitar pukul 08.00 WIB. Perasaan cemas, senang, gembira semua jadi satu. Mula-mula saya bersemangat, lama-kelamaan ketika saya dan teman-teman saya kelelahan, saya hampir putus asa karena puncak dari gunung Gede belum sama sekali keliatan ujungnya.


Jam menunjukan pukul 02.00, dan saya pun akhirnya sampai di padang rumput Surya Kencana. Perlu kalian tahu, padang rumput atau alun-alun Surya Kencana adalah sebuah lapang yang sangat luas yang biasa digunakan para pendaki untuk berkemah sebelum ke-puncak Gunung Gede. Kira-kira dari alun-alun sampai puncak memerlukan waktu kurang lebih 30 menit jika berjalan santai. Karena waktu hampir sore, saya dan teman-teman memutuskan untuk kemah di alun-alun ini.





Esok paginya, kami bergegas pergi ke puncak gunung Gede. Hati sudah tidak sabar melihat keindahan puncak dari gunung Gede. Dan setelah berjalan cukup lama, akhirnya sampai juga di puncak gunung Gede. Senang, sedih, lelah, gembira semua tidak bisa terbayangkan. Rasa takjub atas keindahan yang diciptakan Tuhan ini memang tiada-taranya. “Terima kasih Tuhan, Engkau menciptakan alam yang seindah ini. Aku sangat bersyukur masih sempat melihat dengan mata kepala sendiri atas semua ini”. 



Dan sekarang, saya sangat senang dengan pendakian-pendakian gunung dan akan terus mendaki gunung sampai badan masih kuat dan kantong juga kuat(hehe).

Comments

Popular Posts