Wisata : Curug Sawer

Curug Sawer


Apa itu curug ??? Mungkin masih banyak yang belum tau apa itu curug atau asing ditelinga kita. Yaa, curug itu dalam bahasa indonesia berarti air terjun.

Curug sawer adalah salah satu tempat wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Selain Curug, di sana juga terdapat danau dan penginapan yang bisa disinggahi sebelum langsung ketempat air terjunnya tersebut. Air terjun Curug Sawer berasal anak sungai di kaki gunung Gede dan memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter. Akses masuk ke air terjun Curug Sawer ada 2 yaitu dari Dinas Pariwisata Cinumpang dengan membayar Rp. 6.000 dan Gerbang Nasional Gunung Gede Pangrango dengan membayar Rp. 3.000.

Perjalanan yang ditempuh, bisa dikatakan menyulitkan. Karena, untuk sampai di curugnya kita harus berjalan melewati bukit dan hutan yang kurang lebih 1 km jauhnya. Atau kita bisa sampai dengan mudah, yaitu dengan cara menyewa jasa tukang ojek dengan membayar Rp. 20.000,-. Tapi, alangkah baiknya kita berjalan kaki, karena bisa menikmati panorama alam sekitar Curug terserbut.

Jalan setapak menuju Curug Sawer
Ojek di Curug Sawer

Saat melewati hutan, kita akan disajikan panorama yang sangat indah, sejuk dan tentram yang sangat berbeda sekali dengan keadaan kota yang bising dan kumuh. Suara-suara burung sangat terdengar jelas dan bahkan sering terdengar suara-suara monyet hutan yang berteriak-teriak seperti menyambut kedatangan kita.

Air terjun Curug Sawer

Sesampainya ditempat air terjunnya, kita akan menyaksikan betapa indahnya keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan. Air yang bening sampai terlihat dasar berbatuannya. Percikan air terjun yang membuat sebuah pelangi jika terkena sinar matahari. Sejuknya udara hutan yang menyejukan hati. Dingin percikan air dari air terjun yang sangat besar dan masih banyak lagi keindahan-keindahan lainnya.

Referensi :

Comments

Popular Posts