Cara Merawat Ban Kendaraan



Karawang - Sebagian dari Otolovers semua mungkin masih belum ada yang mengetahui cara merawat ban yang baik dan benar. Kali ini detikOto akan memberikan tips merawat ban yang diberikan oleh PT Bridgestone Tire Indonesia.

Traning Manager PT Bridgestone Indonesia Deni Arief Pribadi mengatakan ada 4 hal yang harus diperhatikan Anda semua dalam merawat ban.

1. Harus menjaga tekanan angin

"Angin itu nyawanya ban. Ban tanpa angin tidak berarti apa-apa. Jadi sebagus apapun ban tanpa angin yang benar itu tidak ada artinya," kata Deni saat berbincang dengan detikOto di Karawang, Selasa (14/5/2013).

Anda harus selalu memperhatikan tekanan angin dan usahakan tekanan angin di ban Anda tidak kurang dari batas yang telah ditentukan oleh masing-masing produsen mobil.

2. Lakukan rotasi.

Hal ini dilakukan karena setiap ban itu memiliki perlakuan yang berbeda jadi kalau ingin seimbang habisnya atau rata maka harus selalu melakukan rotasi posisi.

"Rotasi yang baiknya itu dilakukan setiap 5.000 km. Boleh yang depan ke belakang atau sebaliknya," katanya lagi.

3. Lakukan Spooring

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya yakni melakukan spooring. Spooring itu bisa menyeleraskan roda. "Kalau dia rodanya tidak selaras maka pemakaiannya tidak akan seimbang," timpalnya.

4. Bersihkan batu-batu yang ada di sela-sela ban

Hal yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh pemilik mobil yakni membersihkan batu di sela-sela ban. Jangan anggap enteng hal ini Otolovers, karena batu yang menempel pada sela-sela ban itu akan mempercepat kerusakan ban mobil Anda.

"Sebaiknya kalau ada batu-batu itu dibersihkan saja. Dampaknya akan mempercepat kerusakan pada ban. Misalnya yang harusnya 2 tahun baru rusak ini jadi 2 tahun kurang sudah rusak," tandasnya.

Analisa:
Tips diatas akan berjalan dengan baik, jika dilakukan dengan benar dan rutin.

Comments

Popular Posts