Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Sebab Akibat (Kausalitas)

Paragraf Generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola penalaran induktif. Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berisi fakta, bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf generalisasi ini disusun dengan cara menyajikan beberapa kalimat penjelas sebagai alasan bersifat khusus untuk diambil sebuah kesimpulan bersifat umum pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.

Contoh Paragraf Generalisasi
Setelah saya mencari artikel tentang sistem operasi Linux. Banyak kelebihan yang saya dapatkan. Mulai dari gratis, lebih baik dalam keamanannya dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saya akhirnya memakai sistem operasi Linux ini.

Paragraf Analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.

Contoh Paragraf Analogi
Menjadi seorang programmer (pembuat program komputer) haruslah teliti dan ulet. Mengapa? karena bidang tersebut sangat membutuhkan kejelian yang sangat tinggi dalam hal pembacaan kode-kode program. Sama halnya dengan memasak. Contohlah memasak sayur asam, ketelitian saat memberikan garam harus sesuai dengan takarannya. Karena jika tidak, sayur asam tersebut bisa saja tidak ada rasa (hambar) ataupun terlalu asin. Jadi, apapun yang dikerjakan, janganlah ceroboh. Keteletian dan keuletan sangat penting dalam keberhasilan suatu pekerjaan.

Paragraf Sebab-Akibat (Kausalitas) adalah paragraf yang pernyataan menjadi sebab didahulukan kemudian diikuti akibat yang ditimbulkannya. Paragraf sebab akibat ini dikembangakn dengan proses berfikir kausatif. Proses berfikir ini menyatakan bahwa suatu sebab akan emnimbulkan akibat. Sebab menjadi ide pokok dan akibat menjadi ide penjelas. Hubungan sebab akibat ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: satu sebab menimbulkan satu akibat, satu sebab menimbulkan banyak akibat, serta sebab akibat berantai.

Contoh Paragraf Sebab-Akibat
Saya sangat suka dengan salah satu sistem operasi Linux. Linux ini bersifat gratis dan kode sumbernya terbuka. Kode sumbernya itu menggunakan bahasa pemrogram C. Oleh karena itu, saya sangat ingin menjadi programmer (pembuat program) bahasa C untuk mengembangkan Linux saya ini.

Sumber

Comments

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Kausalitas', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3137/1/PESAT20200520_ekonomi_002.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts