Telematika : Ensiklopedia Digital

Ensiklopedia adalah buku atau sejumlah buku yang berisi penjelsan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad dan atau menurut kategori.
Kata ensilkopedia sendiri berasal dari bahasa yunani yakni "enkyklos paiedia" yang berari sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap. Seringkali ensiklopedia dicampurbaurkan dengan kamus dan ensiklopedia-ensiklopedia awal memang berkembang dari kamus. Perbedaan utama antara kamus dan ensiklopedia ialah bahwa sebuah kamus hanya memberikan definisi setiap entri atau masukan kata atau istilah dilihat dari sudut pandang linguistik atau hanya memberikan kata-kata sinonim saja, sedangkan sebuah ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam dan terperinci dari apa yang kita cari. Sebuah ensiklopedia mencoba menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena. Kebanyakan ensiklopedia dilengkapi gambar untuk penjelasan yang lebih baik. 

Konsep ensiklopedia digital, pertama dikemukakan oleh microsoft dengan project yang bernama Encarta pada tahun 1993. Microsoft memperoleh artikel-artikel dengan cara membeli ensiklopedia yang diterbitkan oleh Crowell, Collier and Macmillan. Tidak hanya itu, agar lebih lengkap, Microsoft juga membeli secara non-eksklusif materi-materi ensiklopedia yang disusun oleh salah satu penerbit spesialis ensiklopedia yang berbasis di Amerika Serikat, Funk & Wagnall yang didirikan oleh Isaac Kaufmann Funk pada tahun 1876.

Pada era digital seperti sekarang, ensiklopedi telah berkembang, bukan hanya dari buku, namun sekarang telah berkembang software-software ensiklopedia seperti encyclopedia brittanica yang terkenal, dan encyclopedia dari microsoft yakni Microsoft Encarta Encyclopedia. Pengembangan ensiklopedi digital ini sangat membantu pengguna dalam pencarian sebuah artikel. sebagai perbandingan, jika kita ingin mencari sebuah informasi di ensiklopedia versi cetak (buku), maka kita harus merujuk ke daftar isi terlebih dahulu untuk mengetahui pada halaman berapakah informasi tentang hal itu berada. Namun jika pada ensiklopedia digital, yang memberikan fungsi search, kita tidak perlu repot-repot untuk mencari, kita cukup mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari, software akan langsung menuju ke halaman yang kita tuju. 

Perkembangan ensiklopedia digital tidak hanya berhenti sampai di situ, software-software ini berkembang menjadi sebuah website online dan sekarang muncul Collaborative Media, yakni gabungan media–media yang didapat dari banyak sumber dan belum tentu dikelola oleh satu lembaga atau perusahaan yang sama. 
sebagai contoh ensiklopedia online public pertama yakni Wikipedia, sekarang telah mempunyai lebih dari 35 juta artikel yang tersebar dalam berbagai bahasa. dan setiap waktu, ada informasi baru yang masuk ke wikipedia. 

setelah wikipedia laris di pasar online, microsoft dan britannica encyclopedia pun menyusul dengan websitenya masing-masing.

Analisa :
Ensiklopedia seperti kamus disusun berdasarkan abjad. Akan tetapi, ensiklopedia membahas secara mendalam, tidak seperti kamus yang hanya intinya saja. Wikipedia adalah salah satu contoh ensiklopedia digital yang sangat populer saat ini, karena sudah banyak sekali artikel-artikel yang terdapat disana.

SUMBER : http://belajarit.um.ac.id/index.php/berita-it/17-ensiklopedi-digital.html

Comments

Popular Posts