Candi Mendut



Candi Mendut terletak 3 km ke arah timur dari Candi Borobudur, merupakan candi Budha yang dibangun tahun 824 Masehi oleh Raja Indera dari wangsa Syailendra. Di dalam Candi Mendut terdapat 3 (tiga) patung besar, yaitu :

  1. Cakyamuni yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma.
  2. Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa membantu umat manusia.Awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani. Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan.
  3. Maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan

Ada cerita untuk anak-anak pada dinding-dindingnya. Candi ini sering dipergunakan untuk merayakan upacara Waisak setiap Mei pada malam bulan purnama dan dikunjungi para peziarah dari Indonesia maupun manca negara.

Candi ini lebih tua dari Candi Borobudur. Arsitekturnya persegi empat dan mempunyai pintu masuk di atas tangganya. Atapnya juga persegi empat dan bertingkat-tingkat, ada stupa di atasnya.

Masa Pembuatan Candi Mendut

Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama wenuwana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.

Asitektur Candi Mendut

Bahan bangunan candi sebenarnya adalah batu bata yang ditutupi dengan batu alam. Bangunan ini terletak pada sebuah basement yang tinggi, sehingga tampak lebih anggun dan kokoh. Tangga naik dan pintu masuk menghadap ke barat-daya. Di atas basement terdapat lorong yang mengelilingi tubuh candi. Atapnya bertingkat tiga dan dihiasi dengan stupa-stupa kecil. Jumlah stupa-stupa kecil yang terpasang sekarang adalah 48 buah. Tinggi bangunan adalah 26,4 meter.

SUMBER :

  • http://id.wikipedia.orG/Candi_Mendut
  • http://www.yogyacom/id/yogyakarta-tourism-object/candi/mendut

Pendapat saya :

Candi mendut adalah salah satu peninggalan sejarah yang berada di Indonesia. Harus dijaga dan dilestarikan agar tidak termakan usia. Selain itu, banyak nilai-nilai sejarah yang dapat kita gali atau ambil dari sana, seperti banyaknya lukisan-lukisan yang memiliki cerita disetiap dindingnya.

Comments

  1. Ramuan jus menghancurkan batu ginjal https://www.youtube.com/watch?v=idRDvPTKnwE

    ReplyDelete
  2. Ramuan mengobati impotensi atau mati pucuk https://www.youtube.com/watch?v=eJr2TJFXp1k

    ReplyDelete
  3. Ramuan tradisional menyembuhkan ejakulasi dini https://www.youtube.com/watch?v=l7R99vo8Ht0

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts