Citarasa dan Aroma Kopi



Aroma kopi dan Citarasa kopi begitu di cari oleh para pecandu kopi di dunia, siapa saja berani membeli kopi dengan harga yang lebih mahal pasti mencari Aroma dan Rasa kopi yang tidak sama dari kopi biasanya. Tapi apakah kita tau bagaimana cara mengolah kopi sampai menimbulkan Aroma yang begitu wangi dan mempunyai rasa yang begitu mantap? pemain kopi awam dan petani kopi mungkin tidak begitu memikirkan tentang hal itu tetapi bila kita mau menjadi pengusaha kopi yang sukses hal ini menjadi kendala utama, resep masakan berbagai macam sayur mungkin bisa kita dapat dengan mudah tetapi resep membuat kopi yang nikmat dan beraroma kuat mungkin harus kita yang mengolahnya sendiri.

Di Indonesia ada beberapa jenis kopi yang di tanam oleh para petani kopi tapi pada umumnya mereka lebih memilih kopi jenis Arabika dan Robusta karena mempunyai pasar yang lebih bagus, cara memanen kopi Arabika dan Robusta berbeda kalau Arabika buah yang telah masak betul akan jatuh dengan sendirinya sedangkan Robusta harus di petik. Arabika tidak mempunyai musim panen tetapi Robusta dalam setiap tahun 5 bulan musim panen yang biasanya jatuh antara bulan april sampai bulan september.

Cara pengolahan hasil panenpun beraneka ragam antar daerah satu dengan daerah yang lain mempunyai perbedaan, tapi pada umumnya bila kita ingin memiliki kopi yang mempunyai Aroma dan citarasa yang mantap kita harus memilih buah kopi yang benar benar sudah masak. Buah kopi yang telah masak bisa kita lihat dari warna buahnya yang telah berwarna merah kehitaman, kopi yang telah masak betul lebih mudah di proses dari pada kopi yang belum masak hal ini bisa di lihat dari kulit buah kopi yang mudah di kupas bila buah kopi tersebut telah masak betul.

Buah kopi yang telah masak sekali akan di proses dengan berbagai macam cara yang intinya mencari biji kopi terbaik yang memiliki aroma yang kuat dan citarasa yang mantap bila telah di proses selesai, pemerosesan buah kopi ini ada berbagai macam cara dari buah kopi di rendam sambil di giling menggunakan mesin atau buah kopi di rendam sampai daging buah terpisah dengan biji kopi dan terakhir ada yang langsung menjemurnya sampai kering. Semua ini bertujuan membuat biji kopi yang menpunyai kadar air hanya 12% sampai 10%, Kopi yang memiliki kadar air yang rendah dan di proses dengan baik akan menjadi biji kopi yang memiliki kwalitas bagus atau best green beans coffee.

Setelah proses penggorengan selesai kita harus mendiamkan biji kopi yang telah kita goreng sampai suhu biji kopi tersebut tidak terlalu panas lagi, proses selanjutnya ialah biji kopi yang telah kita goreng harus kita giling atau grinder sampai halus, ada beberapa cara memproses biji kopi sampai halus dari cara tradisional dengan di tumbuk sampai halus atau kita bisa memblendernya hinggah halus, hasil giling kopi pun berbagai macam tergantung mesin apa yang kita pakai mulai dari yang kasar sampai halus sekali.

Setelah proses penggilingan selesai maka kita selanjutnya menyimpan kopi hasil giling tadi dengan baik supaya citarasa dan aroma kopi tetap terjaga. Dari semua Proses di atas ini bila kita melakukannya dengan benar maka kita akan menikmati kopi dengan Aroma dan Citarasa yang mantap.

SUMBER
  • aromakopi .co.cc
  • mamaeka.com › Tips Solusi

Pendapat saya :

Untuk membuat kopi yang mempunyai citarasa tinggi dan aroma yang memikat, tidaklah sembarangan. Banyak proses-proses yang harus dikerjakan secara bertahap. seperti cara memetik buah kopi, menggoreng biji kopi dan penggilingan biji kopi.

Comments

Popular Posts